Baru kemaren baca di timeline Facebook soal masalah refund tiket Lion Air di Traveloka, aku malah ngalamin masalah lain dengan Traveloka.
Jadi, aku kan beli tiket pesawat untuk balik ke Jakarta. Seperti biasa, sebelum beli, cek beberapa situs dulu. Traveloka termasuk yang kucek, tapi akhirnya gak jadi beli tiket di situ.
Nah, kemaren transaksi udah kelar semua, kok tau-tau hari ini ada lagi notifikasi pembelian tiket pesawat Garuda Indonesia di emailku. Ditambah pembelian voucher hotel All Seasons Jakarta pula. Rupanya ada yg belanja di Traveloka pakai akunku. Atau emailku? Yang jelas, notifikasi petunjuk pembayarannya masuk ke emailku.
What the heck. Untungnya akunku gak disetel pembayaran otomatis. Manyun aja ngebayarin total 6 juta lebih.
Cek lampiran slipnya, kutebak yg beli itu salah ngetikin alamat email. Karna nomor hp untuk konfirmasi belanjanya bukan nomor hp ku.
Tapi untuk jaga-jaga, aku langsung ganti password akun dan email terdaftar.
Anyway, jadi kepikiran, kok bisa sih…
Iseng, dicoba deh pesen tiket di Traveloka.
Tanpa login akun, kuisi pembelian dengan no hp dan email yg bukan terdaftar dalam akunku.
Sekali lagi, masih tanpa login akun, kuisi dengan no hp dan email yg terdaftar dalam akun.
Dua-duanya bisa terbeli.
Catatan: prosesnya belum sampe pembayaran.
Inilah makanya saat pembelian diingatkan untuk check – double-check – triple check kebenaran no hp dan EMAIL yg digunakan.
Hmmm… Diemin ajah? Atau diisengin aja, refund tiket dan voucher-nya? :p
Tambahan:
Iseng cek aplikasi Traveloka di hp. Password kan udah kuganti, tapi kok aplikasinya gak otomatis log out ya?
Logikaku, kalo password udah diganti via web, mustinya aku kudu log in ulang ketika masuk ke aplikasinya. Sekalipun aplikasinya diset auto login.
Kan bahaya kalo hp hilang. Orang lain bisa tetep pakai aplikasinya walopun password udah diganti. Piye, Traveloka?
Update:
Kisah berlanjut ke sini.